Membongkar Manipulasi Sejarah: Kontroversi Pelaku dan Peristiwa

6233919
Membongkar Manipulasi Sejarah: Kontroversi Pelaku dan Peristiwa
by Asvi Warman Adam
My rating: 4 of 5 stars

Published: February 2009 by Penerbit Buku Kompas
Binding: Paperback, 257 pages
Setting: Indonesia
isbn: 9797094041 (isbn13: 9789797094041)

Description:

Ketika Orde Baru berakhir, gugatan terhadap sejarah bermunculan. Sejarah pun menjadi polemik karena fakta dan interpretasi selama ini dinilai tidak tepat, tidak lengkap, dan tidak jelas. Manipulasi sejarah dilakukan secara sistematis dan meluas demi kepentingan politik dan kekuasaan.

Mengapa Proklamator Sukarno tidak tampak saat pengibaran bendera Merah Putih 17 Agustus 1945 yang dimuat dalam buku “Pejuang dan Prajurit”? Kemudian, siapa yang melakukan rekayasa dalam buku “Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia”, bahwa Sukarno tidak memerlukan Hatta dan Sjahrir, bahkan “peranan Hatta dalam sejarah tidak ada”? Mengapa peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 digambarkan menyanjung Soeharto dan melupakan Sultan Hamengku Buwono IX sebagai konseptor? Bagaimana kisah diorama Monumen Nasional era Orde Baru yang penuh manipulasi sejarah?

Penulis melalui bukunya ini membeberkan kebenaran sejarah secara jujur. Bukan hanya membongkar manipulasi dan rekayasa sejarah Indonesia saja, tetapi juga menampilkan tokoh-tokoh pergerakan dengan kisah yang menyentuh hati. Kisah Agus Salim yang dikatakan menguasai “bahasa kambing dan kuda”. Kisah Mayor John Lie, seorang tokoh etnis Tionghoa, yang berani membersihkan ranjau laut. Juga kisah M.H. Thamrin seorang politikus santun yang “satu napas” dengan Bung Karno.

My review:
Buku ini merupakan kumpulan artikel Dr. Asvi Warman Adam berkaitan dengan manipulasi sejarah bangsa Indonesia. Dibagi dalam empat bagian besar (Nama yang mengukir Indonesia; Kontroversi Sejarah, Gerakan 30 September; Pelurusan Sejarah, Pendidikan Sejarah), berbekalkan wawasan yang luas dan kaya referensi literatur, Dr. Asvi Warman Adam membahas dan membongkar manipulasi sejarah yang terjadi di bangsa ini secara sistematis. Analisis yang tajam, dipaparkan dengan jelas tiap poin-poinnya, membuatnya enak untuk dibaca dan mengajak kita untuk lebih kritis terhadap sejarah. Menurut saya, buku ini tepat sekali untuk dibaca oleh pelajar-pelajar sejarah, baik yang di bangku sekolah (SD, SMP, SMA, kuliah), maupun masyarakat kita sekarang, sebab suka atau tidak suka, kita telah menjadi bagian dari produk sejarah yang dimanipulasi secara sistematis dan menyeluruh oleh rezim yang berkuasa selama 32 tahun.

Kalau dibilang tidak mendalam pembahasannya, rasanya saya kurang setuju, karena sesuai judul bukunya, tujuan buku ini adalah memaparkan argumen kritis terhadap kondisi persejarahan bangsa termasuk literatur yang tersedia. Untuk mengukur cakrawala pengetahuan sejarah, tidaklah cukup hanya dengan membaca satu literatur tetapi juga memperkaya diri dengan sumber-sumber lainnya, sebab sejarah bukanlah ilmu masa lampau semata, melainkan ilmu yang dapat terus diperbaharui seiring dengan penambahan fakta yang ditemukan serta perspektif yang digunakan untuk menilik fakta itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s