Zaman Peralihan

Zaman Peralihan Zaman Peralihan by Soe Hok Gie

My rating: 5 of 5 stars
Zaman Peralihan memuat artikel-artikel yang ditulis oleh Soe Hok Gie. Soe adalah seorang pemikir yang mempunyai sikap tegas terhadap kebenaran. Soe menganalisis keadaan dari berbagai segi, tidak hanya ideologi semata, tetapi juga melihat dari persoalan ekonomi, sosial politis, dan sebagainya. Salah satu artikelnya yang paling saya sukai adalah tentang bagaimana situasi atau keadaan yang pernah dialami oleh suatu generasi sulit dilepaskan dan mempengaruhi cara berpikir generasi tersebut terhadap situasi-situasi yang dihadapinya.

Soe membantu menggulingkan komunisme yang pada waktu itu baru saja melakukan pemberontakan besar. Namun Soe tidak semata-mata membenci komunisme secara membabi buta tetapi ia berusaha untuk menganalisisnya secara rasional, bahwa tidak semua anggota partai komunis adalah mobilisator tetapi ada pula rakyat kecil seperti petani yang dipaksa masuk atau masuk hanya karena janji diberi tanah. Soe juga mengkritik cara-cara penguasa memperlakukan tapol (yang dituduh komunis) yang mengabaikan aspek kemanusiaan.

Buku ini, menurut saya, sangat relevan untuk dibaca sampai sekarang karena persoalan-persoalan esensial yang dibahas masih terjadi sampai sekarang. Sejarah berulang. Dulu anti komunis, sekarang anti terorisme. Membaca buku ini menginspirasi saya untuk lebih peka dan kritis serta berhati-hati untuk tidak terjebak slogan anti-antian dan malah melakukan apa yang dituduhkan kepada si objek anti (misalnya mengusung anti terorisme, tapi mendukung kekerasan dan melegalkan hukuman tanpa proses peradilan). Lebih baik mendalami, sungguh berpikir, dan merefleksikan supaya “kami tidak takut” tidak cuma jadi jampi-jampi.

View all my reviews >>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s