SEPATU YANG SELALU MERAH

Aku punya sepatu merah dengan pita merah di bagian depannya, haknya 12 cm. Peep-toe shoes. Aku beli di toko seharga 200 ribu rupiah meskipun kocekku lagi seret. Aku selalu memakai sepatu merahku, kapanpun di manapun. Bahkan kubawa tidur. Tentunya kubersihkan dulu biar tidak kotor. Hebatnya sepatu merahku awet, tidak seperti sepatuku yang lain, cepat jebol dan kulitnya terkelupas sana-sini padahal cuma sekali-sekali kupakai.

Kakiku lecet-lecet tergesek sepatu merahku. Tapi aku tetap suka sepatu merahku. Sering temanku complain padaku karena tak pernah ganti sepatu. Aku tak peduli. Ada yang bahkan membelikanku sepatu lain. Ada yang hitam, putih, dan juga merah. Semuanya bagus dan mahal. Rata-rata 500 ribu – 1 juta rupiah. Tapi aku tak peduli. Sepatu itu kusimpan di lemari depan dan tak pernah kusentuh lagi. Pembantuku selalu rajin membersihkannya, padahal tak pernah kusuruh. Akhirnya aku berikan semua sepatu itu padanya. Kebetulan ukuran kakinya sama denganku.

Suatu hari, rumahku kebobolan maling. Ia tidak mengambil uangku tapi ia diam-diam melepaskan sepatu merahku dari kakiku saat aku lelap memimpikan sepatu merahku. Hatiku hancur dan lenyap seperti debu tertiup angin. Tak kusangka ada orang yang tega mengambil belahan jiwaku, sebagian hidup matiku.

Aku terus mencari-carinya. Kutawarkan seluruh hartaku asalkan ada yang berhasil membawanya lagi ke sisiku. Kebanyakan orang berusaha menipuku dengan membawa sepatu merah yang mirip dengan sepatu merahku. Aku mendengus kesal. Miris rasanya. Dikiranya aku gampang tertipu. Sudah lama aku dengan sepatu merahku. Tentunya dia bisa kukenali dalam sekejap.

Aku terus mencarinya. Kapanpun di manapun. Tapi sampai sekarang, aku belum menemukannya. Aku pernah mau mencoba sepatu yang lain tapi aku tak bisa. Kenangan sepatu merahku terus menghantui diriku hingga aku memilih bertelanjang kaki. Ada yang tahu di mana sepatu merahku? Ada yang bisa mencarikan sepatu merahku?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s